Cegukan sering kali terasa mengganggu, namun Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan cegukan yang ternyata cukup ampuh. Cegukan itu sendiri adalah keadaan ketika pita suara tertutup secara tiba-tiba yang diakibatkan oleh kontraksi diafragma sehingga menghasilkan suara ‘hik’.

Diafragma adalah membran otot pemisah antara rongga dada dan perut yang memiliki peran penting pada sistem pernapasan. Cegukan bisa dialami oleh bayi hingga lanjut usia, durasinya juga berbeda-beda. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara menghilangkan cegukan yang cukup ampuh.

Cara menghentikan cegukan tanpa obat

Cara yang pertama dan merupakan cara paling klasik dalam menghentikan cegukan adalah dengan cara menahan napas. Cara ini dipercaya bisa menghentikan cegukan karena dengan menahan nafas, kadar karbondioksida pada tubuh akan bertambah.

Cara lainnya yang masih berhubungan dengan pemanfaatan karbondioksida pada tubuh untuk menghentikan cegukan adalah dengan cara bernafas menggunakan kantong kertas maupun plastik. Dengan bernapas seperti ini, maka tubuh kembali menghisap kembali karbondioksida yang dikeluarkan.

Selanjutnya adalah meminum air hangat. Dengan meminum air hangat bisa melancarkan peredaran darah dan oksigen yang masuk ke dalam tubuh. Caranya adalah dengan meminum air hangat kemudian menahan napas dengan posisi tubuh membungkuk selama yang Anda mampu.

Cara yang tidak kalah unik adalah dengan melakukan posisi Headstand. Memang terdengar cukup unik, namun dengan melakukan posisi ini maka peredaran darah dan oksigen akan menuju kepala dan menjadi lebih lancar.

Tidak hanya itu, cara lainnya adalah dengan menjulurkan lidah. menjulurkan lidah bisa merangsang nasofaring dan saraf vagus. Keduanya merupakan bagian penting yang dapat mempengaruhi otot-otot mulut, tenggorokan dan mengatur kontraksi yang terjadi pada diafragma.

Gula batu, gula pasir, es batu, jeruk nipis dan minyak kayu putih juga ternyata bisa menjadi cara menghilangkan cegukan yang cukup ampuh. Menghentikan cegukan menggunakan gula batu atau sesendok gula pasir yaitu dengan cara mengambil sebongkah gula batu dan kulum selama kurang lebih 5 menit.

Dengan mengulum gula dipercaya bisa merangsang otot diafragma sehingga cegukan akan berhenti. Cara lainnya adalah dengan mengusapkan es batu pada tenggorokan Anda secara perlahan. Suhu dingin dari es batu dipercaya mampu menenangkan saraf sehingga otot diafragma pun akan kembali melemah.

Selain itu, menghentikan cegukan juga bisa dilakukan dengan mengoleskan pada leher dan bagian perut. Sensasi panas dari minyak ini bisa menghentikan cegukan Anda.

Dan cara yang terakhir adalah menggunakan jeruk nipis. Caranya adalah dengan meminum langsung perasan jeruk nipis, Anda juga bisa langsung memeras jeruk nipis ke dalam mulut Anda dan langsung meminumnya. Kandungan vitamin C dan rasa asam dari jeruk bisa menghilangkan gangguan yang terjadi pada saraf vagus.

 

Selain mengetahui cara menghilangkan cegukan, Anda juga harus mengetahui apa yang menyebabkan cegukan bisa terjadi, yaitu:

  •       Makan pedas, cepat  atau terlalu banyak
  •       Minum minuman bersoda, beralkohol atau panas
  •       Masuk angin
  •       Terjadi perubahan suhu yang ekstrim
  •       Perut kembung
  •       Menghisap rokok atau asap rokok

Itulah beberapa cara menghilangkan cegukan yang cukup ampuh yang bisa Anda coba. Dengan mengetahui penyebab cegukan, Anda juga bisa mencegah terjadinya cegukan tersebut dengan menghindari kegiatan-kegiatan yang mampu merangsang terjadinya cegukan.

Selain cara-cara alami yang sudah disebutkan diatas, Anda juga bisa menggunakan obat-obatan khusus untuk menghentikan cegukan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *